7 Aplikasi Investasi Saham Terbaik, Transaksi Lebih Aman dan Nyaman

    Apa kamu berminat untuk melakukan investasi mata uang kripto? Bila ya, kamu harus pahami banyak hal berkaitan mata uang kripto, terhitung bursa kripto. Pada umumnya, bursa ini ialah basis untuk jual-beli cryptocurrency atau mata uang kripto.

Di bursa ini kamu bisa juga mengonversi satu tipe mata uang kripto ke mata uang kripto yang lain, misalkan mengonversi bitcoin ke dogecoin. Disamping itu, kamu dapat beli mata uang kripto memakai mata uang biasa, seperti rupiah.

Kebalikannya, kamu juga dapat mengonversi mata uang kripto ke rupiah. Ini umumnya terjadi bila seorang telah memperoleh untung dari investasi mata uang kripto.

Sesudah membaca penjabaran itu, kamu kemungkinan jadi bertanya, apa bursa kripto telah berada di Indonesia? Lalu, seperti apakah bursa ini di luar negeri atau dunia? Untuk tahu detilnya, baca tulisan ini sampai usai, ya!

Pastikan keluarga telah terlindungi secara finansial dengan asuransi jiwa. Proteksi finansial dari asuransi jiwa akan memberi keluarga dan ahli waris pertanggungan berupa santunan tunai andai tertanggung kehilangan pekerjaan, kecelakaan, atau meninggal dunia.

Apa Itu Bursa Kripto?

Seperti yang sudah dijelaskan, bursa kripto adalah wadah untuk mengawasi perdagangan mata uang kripto. Melalui bursa ini, kamu bisa mengetahui mata uang kripto jenis apa saja yang sedang untung atau rugi setiap saatnya.

Indonesia sendiri sebenarnya belum memiliki bursa kripto. Ini sangat disayangkan, mengingat kehadiran bursa ini sesungguhnya sangat penting demi memberikan perlindungan kepada masyarakat investor. Pasalnya, dalam ekosistem tersebut akan ada lembaga kliring yang memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.

Aset kripto juga memiliki potensi besar untuk berkembang di Indonesia. Oleh karena itu, mata uang kripto sudah selayaknya diperdagangkan di bursa.

Akankah Ada Bursa Kripto di Indonesia?

Meski saat ini belum ada, Indonesia kemungkinan akan segera menghadirkan bursa satu ini. Pasalnya, pemerintah sudah merencanakan pendiriannya untuk dalam negeri.

Seperti diberitakan Kompas.com pada Juni 2021, Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Indrasari Wisnu Wardhana, mengatakan pihaknya masih terus menggodok rencana pembuatan bursa khusus aset kripto di Indonesia.

Hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengembangkan ekosistem pasar aset kripto di Indonesia. Bursa kripto ditargetkan hadir di tanah air pada akhir 2021. Selain itu, Bappebti juga tengah merancang kehadiran lembaga kliring dan depository yang nantinya dapat memberikan jaminan keamanan bagi para investor.

Pasalnya, aset kripto merupakan aset digital yang memiliki karakteristik berbeda dengan komoditas fisik lainnya, di mana sisi keamanan merupakan hal yang paling dominan dan mahal harganya.

Kehadiran bursa kripto di Indonesia memang sangat diperlukan, mengingat adanya kenaikan jumlah investor yang cukup signifikan. Bappebti mencatat bahwa investor aset kripto hingga Mei 2021 sudah tembus ke angka 6,5 juta orang dengan nilai transaksi Rp370,4 triliun.

Dibandingkan sebulan sebelumnya, transaksi kripto di Indonesia berjumlah 4,8 juta orang dengan nilai transaksi sekitar Rp 237,3 triliun (Januari-April 2021). Bahkan, jika dibandingkan dengan 2020, transaksi kripto di Indonesia hanya sekitar Rp64,97 triliun.

Perlindungan dari asuransi bisa didapatkan semua orang, baik berpenghasilan tinggi maupun rendah. Manfaatkan asuransi mikro untuk memberimu jaminan finansial atas berbagai risiko sesuai kebutuhan dengan premi semurah Rp50 ribu untuk dapat pertanggungan hingga Rp50 juta.

Besaran angka transaksi kripto di Indonesia itu sudah melebihi jumlah investor pasar modal di Bursa Efek Indonesia. Keberadaan bursa ini di Indonesia kelak dapat membantu masyarakat untuk bertransaksi dengan aman melalui regulasi yang ada.

Sementara itu, seperti diberitakan Kontan pada April 2021, saat ini ada 229 aset kripto yang boleh diperdagangkan di Indonesia. Sementara itu, terdapat 8.472 aset kripto yang beredar di seluruh dunia.

Bursa Kripto: Pengertian serta Kehadirannya di Dunia dan Indonesia

Untuk bisa berinvestasi mata uang kripto, masyarakat tanah air saat ini melakukannya di beberapa pedagang aset kripto yang sudah terdaftar di Bappebti. Berikut daftar 13 pedagang aset kripto di Indonesia yang sudah terdaftar:

  • PT Indodax Nasional Indonesia (INDODAX)
  • PT Crypto Indonesia Berkat (TOKOCRYPTO)
  • PT Zipmex Exchange Indonesia (ZIPMEX)
  • PT Indonesia Digital Exchange (IDEX)
  • PT Pintu Kemana Saja (PINTU)
  • PT Luno Indonesia LTD (LUNO)
  • PT Cipta Koin Digital (KOINKU)
  • PT Tiga Inti Utama
  • PT Upbit Exchange Indonesia
  • PT Bursa Cripto Prima
  • PT Rekeningku Dotcom Indonesia
  • PT Triniti Investama Berkat
  • PT Plutonext Digital Asset

Manfaatkan asuransi kredit untuk mendapatkan pertanggungan dari ketidakmampuan melunasi kewajiban utang atau cicilan di bank apabila tertanggung mengalami risiko musibah yang menyebabkan dirinya kehilangan pekerjaan atau meninggal.

Mengenal bursa kripto di luar negeri

Bursa ini sebenarnya sudah tersedia cukup banyak di dunia. Salah satu yang terbesar, yakni Binance. Bagi yang sudah lama bergelut di dunia investasi mata uang kripto, kamu mungkin sudah sangat mengenal bursa saham yang satu ini.

Didirikan pada 2017 di Kepulauan Cayman, bursa ini memiliki kantor di Singapura. Kepulauan Cayman sendiri berada di Laut Karibia yang masuk ke dalam wilayah Amerika Tengah.

Salah satu negara yang sudah menghadirkan bursa kripto adalah Singapura. Selain itu, ada CoinBase dan CoinBase Pro yang paling populer di Amerika Serikat. Bursa ini dirikan pada 2012, beberapa tahun setelah bitcoin diciptakan pada 2019.

CoinBase merupakan bursa yang sudah berlisensi penuh dan telah beroperasi di lebih dari 40 negara bagian dan teritori di Amerika Serikat.

Ada pula bursa terkenal lainnya, yakni CashApp. Selain mata uang kripto, CashApp juga memungkinkan penggunanya berinvestasi saham dan ETF.

Itu tadi beberapa bursa kripto yang ada di dunia. Di beberapa negara, keberadaan bursa ini sebenarnya sudah menjadi hal umum. Investasi mata uang kripto sendiri faktanya kian populer, khususnya di kalangan anak muda di Indonesia. Tak heran, pemerintah berupaya menghadirkan bursa jenis ini di Indonesia.

Kalau kamu punya pertanyaan terkait produk simpanan dan investasi lainnya sekaligus mendapatkan rekomendasi kepada berbagai produk asuransi yang ada di Indonesia, konsultasikan saja di Tanya Lifepal!

Sebelum berinvestasi kripto, ketahui dulu profil risiko

Dengan adanya bursa kripto, mungkin membuatmu tertarik untuk melakukan investasi kripto. Namun, sebelum melakukannya, alangkah baiknya kamu pahami terlebih dahulu profil risiko investasimu. Dengan mengetahuinya, kamu bisa menentukan produk-produk investasi mana saja yang cocok untukmu. 

Lifepal sudah menyediakan kuis singkat untuk mengetahui profil risiko investasimu. Dengan mengisi kuis ini juga, kamu bisa mengetahui tipe dan porsi investasi apa yang cocok untukmu.

Gelora Tekno