Part Time Trader atau Full Time? Ini Untung Ruginya

Jadi trader separuh waktu atau full time? Beberapa orang menanyakan yang mana terenak. Ke-2 nya nikmat, tetapi kembali lagi ke diri masing-masing.

Saat sebelum putuskan, sebaiknya untuk mengenal keuntungan dan rugi jadi trader separuh waktu dan full time. Dengan begitu, kamu juga tidak salah pilih nanti.

Apa Itu Part Time Trader?

Trader type ini lakukan tindakan jual-beli saham di saat tertentu, seperti saat harga naik atau turun. Modal yang dipakai untuk transaksi bisnis saham umumnya modal individu. Untung atau rugi, pasti jadi resiko masing-masing.

Bicara berkenaan besarnya keuntungan yang didapat, prosentasenya bergantung dari modal yang dipakai untuk transaksi bisnis. Yang jelas, banyaknya lebih kecil dibanding trader full time. Karena, jam terbangnya lebih singkat.

Apa Itu Full Time Trader?

Sebagai kontradiksi dari trader separuh waktu, di mana kegiatan trading jadi karier. Seorang yang bekerja penuh sebagai trader mempunyai tanggung-jawab besar. Selainnya mengurus modal sendiri, dia harus juga mengurus modal orang yang lain dipercayakan padanya.

Bila modal titipan itu untung, karena itu dia akan memperoleh gaji sama sesuai jumlah yang sudah disetujui dengan pemilik modal. Tidaklah aneh bila sebagian orang jadikan ini sebagai karier karena hasilnya lebih janjikan.

Keuntungan dan Rugi Part Time Trader

Keuntungan Part Time Trader

1. Tanggung-jawab lebih kecil

Sudah tentu karena modal yang diatur ialah modal sendiri. Tidak ada tuntutan harus untung berapakah %.

Kamu dapat jual saham kapan saja bila berasa keuntungannya telah sesuai harapan awalnya.

Keuntungan yang didapat jadi sepenuhnya punyamu. Kamu dapat mengelolanya kembali untuk menambahkan modal main saham buat mengoptimalkan keuntungan.

2. Waktu trading yang fleksibel

Untungnya menjadi part time trader yak tempat waktunya fleksibel. Ini hari ingin trading atau mungkin tidak, kamu sendiri yang tentukan sesuai keadaan pasar waktu itu.

Trader separuh waktu pas buat kamu yang mempunyai waktu terbatas . Maka, kegiatan trading bisanya dilaksanakan di antara jam kerja.

Rugi Part Time Trader

1. Analitis saham kurang dalam

Tentunya, karena waktumu tersita untuk kerjakan hal-hal lain. Kamu perlu lebih waspada saat sebelum memilih untuk membeli atau jual supaya tidak rugi.

Dan ingat, tidak boleh ikuti anjuran dari pihak lain karena belum pasti baik.

Buat kamu yang ketertarikan jadi trader separuh waktu, liriklah saham blue chip. Andaikan harga saham turun, waktu untuk rebound relatif cepat asal kamu sabar.

2. Jumlah keuntungan sedikit

Argumennya karena modal punyamu terbatas dibanding full time trader. Disamping itu, jam trading yang tidak pasti kurangi kesempatan untuk untung.

Tidak mungkin buatmu untuk memperhatikan gerakan harga saham setiap saat karena ada tanggung-jawab yang perlu dituntaskan lebih dulu.

Maka keuntungan trading dapat disebutkan untuk sekedar jajan saja.

Keuntungan dan Rugi Full Time Trader

Keuntungan Full Time Trader

1. Keadaan keuangan lebih konstan

Selainnya memperoleh keuntungan dari modal sendiri, kamu yang nanti jadi full time trader memiliki hak atas keuntungan dari modal seseorang. Berikut yang membuat keadaan keuanganmu jadi konstan.

Kamu dapat meramalkan jumlah penghasilan yang kemungkinan didapat pada sebuah bulan. Karena dalam trading, kamu ikut dalam mengontrol harga pasar karena jumlah modal yang besar.

2. Bisa mengontrol emosi

Bila dibanding dengan trader separuh waktu, tingkat pengaturan emosimu jauh lebih bagus. Kamu bisa bermain dengan tenang walau harga saham turun, dan tentunya tidak gampang terserang FOMO.

FOMO ialah panggilan untuk seorang trader yang takut kehilangan peluang, hingga trader type ini umumnya membagikan modal untuk beli satu saham saja. Dengan keinginan, dapat memperoleh untung besar.

3. Pengetahuan mengenai saham luas

Trading menjadi kariermu, karena itu lumrah jika pengetahuan di bagian saham luas. Karena, kamu habiskan beberapa waktu untuk menganalisa harga.

Karena pengetahuan itu, kamu ketahui saham yang mana mempunyai potensi naik dan turun. Kamu bisa manfaatkan timing sebagus mungkin untuk memutuskan.

Rugi Full Time Trader

1. Besarnya gaji ditetapkan oleh performa

Walau keadaan keuanganmu lebih konstan, kamu harus dapat terima realita jika pendapatan itu bergantung dari performamu saat trading.

Bila saham yang dibeli malah breakdown, gaji yang semestinya didapatkan ini hari jadi terlambat.

Kamu harus menanti saham itu breakout untuk menjualnya. Dengan ini, kamu akan kebagian untung dari modal yang dipercayakan kepadamu.

2. Waktunya tersita untuk analitis saham

Sebagai trader, kamu pasti tidak ingin penghasilan bulanan turun. Hal yang lumrah bila mayoritas waktumu habis untuk menganalisis saham. Karenanya analisis, kamu bisa kurangi kekuatan rugi.

Ada rasa khawatir bila harga saham “terjun bebas” karena yang diatur ialah uang seseorang. Bila sampai rugi besar, seseorang tidak yakin kembali pada analitismu yang mengakibatkan pendapatan turun mencolok.

Samakan dengan Psikis Masing-masing

Ingin jadi part time atau full time trader, seharusnya samakan dengan keadaan psikis kamu. Bila kamu tipikal orang yang takut rugi, jadilah trader separuh waktu. Bila kamu agresif dan berani, full time trader bisa saja karier yang prospektif untuk jamin keberlangsungan hidupmu.

Gelora Tekno